F Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Telah Di Depan Mata, Ini Syarat dan Cara yang Harus Kamu Ketahui - Kabarini.com

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 Telah Di Depan Mata, Ini Syarat dan Cara yang Harus Kamu Ketahui

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18- Berita gembira bagi kamu yang belum berkesempatan memiliki kartu prakerja. Kini  akan dibuka kembali kesempatan mendapatkan kartu prakerja gelombang 18.

Menurut informasi yang beredar pemerintah bahkan telah menggelontorkan uang hampir 10 triliun sebagai anggaran agar semakin banyak peserta yang terjangkau.


Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18


Adanya kartu prakerja tersebut seakan menjadi oase dan menjadi bantuan sosial masyarakat kelas menengah dan bawah yang terdampak Covid-19. 

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18

Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya apabila kamu mengetahui terlebih dahulu tentang syarat dan langkah pendaftarannya seperti yang tercantum di bawah ini:

1. Persyaratan Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18

Agar  berhasil mengantongi kartu prakerja gelombang 18 ada persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu diantaranya adalah;

  • Terdaftar sebagai WNI dibuktikan dengan KTP. Berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang menempuh pendidikan.
  • Calon penerima kartu prakerja adalah mereka yang berprofesi sebagai wirausaha, menjadi korban PHK dan mereka yang butuh atau sedang mencari kerja
  • Bukan termasuk pejabat atau pegawai negeri sipil
  • Tidak terikat atau berstatus penerima bantuan misalnya BPUM, BLT dan bantuan lainnya
  • Sebagai calon penerima kartu atau bantuan dalam satu kartu keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 orang.

2. Tata Cara Seleksi Daftar Kartu Prakerja

Setelah mengetahui tentang persyaratan yang harus kamu penuhi, hal lain yang harus kamu persiapkan dan ketahui adalah tentang tata cara pendaftarannya seperti yang tercantum di bawah ini;

  • Langkah pertama wajib membuka website di www.prakerja.go.id pada browser
  •  Sediakan nomor KK beserta NIK lalu masukkan identitas diri dengan benar tanpa adanya kesalahan. Ikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk untuk menyelesaikan proses pembuatan aku
  • Setelah itu kamu akan diwajibkan untuk mengikuti tes berupa tes motivasi dan kemampuan dasar yang dilakukan secara online, jadi harus mempersiapkan kertas dan alat tulis.
  • Tekan tombol gabung pada gelombang yang sedang dibuka
  • Begitu menyelesaikannya, kamu tinggal menunggu pengumuman peserta yang lolos seleksi tahap ini yang akan disampaikan melalui SMS
  • Perlu kamu ketahui bahwa pada tahap ini calon penerima kartu prakerja gelombang 18 akan menerima bantuan sebesar Rp. 3,5 juta.
  • Daftar uang tersebut antara lain Rp. 1 juta untuk latihan kerja, uang tunai sebesar Rp. 2,4 juta akan diberikan secara bertahap sebanyak 4 kali masing-masing sebesar Rp. 600.000 sebagai bentuk insentif pasca latihan kerja. Sisa uang sebesar Rp. 150.000 sesudahnya yang digunakan untuk survei.

Manfaat Kartu Prakerja Gelombang 18


Pendaftaran kartu prakerja gelombang 18

Pada era pemerintahan Presiden Jokowi banyak sekali bantuan yang diberikan kepada masyarakat untuk meringankan beban, terlebih pada saat masa pandemi ini. Bukan hanya dalam bentuk BLT, Bansos atau bantuan lain. Hadir juga bantuan dari pemerintah berupa kartu prakerja yang akan membantu mereka yang terdampak PHK atau sedang mencari pekerjaan.

Adanya bantuan tersebut dianggap sangat membantu sekali, karena pada masa ini banyak sekali pekerja yang mengalami PHK dan kesulitan mencari pekerjaan.

Pemerintah berharap dengan adanya bantuan ini akan semakin banyak masyarakat yang terbantu dan tetap bisa memenuhi kebutuhannya sebelum mendapatkan pekerjaannya kembali. 

Tentunya penerima kartu prakerja ini akan diseleksi dengan ketat. Apabila kamu berminat, maka persiapkan diri dengan baik.

Bentuk bantuan apapun yang harus kamu ketahui paling awal adalah tentang syarat dan cara pendaftarannya. Begitu pula dengan kartu prakerja gelombang 18 ini. Apabila telah mengetahui keduanya, tentunya kamu tidak akan mengalami kesulitan saat mengikuti seleksi. Selamat mencoba.

CONVERSATION

0 Komentar :

Posting Komentar

search