Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Online Ke Klinik, Simak Kelebihannya



Daftar online ke klinik, rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya saat ini merupakan sesuatu yang lazim. Apalagi sejak pandemi Covid-19 melanda dunia.

Semua fasilitas kesehatan menerapkan sistem pendaftaran online ini. Pasalnya mendaftar secara online adalah satu cara yang tepat untuk menjaga jarak atau social distancing

Sistem pendaftaran daring ini biasanya berlaku bagi pasien yang tidak mengalami kondisi emergency.

Dengan kata lain, pasien masih bisa menunggu untuk mendapatkan penanganan dari dokter atau tim medis lainnya. 

Manfaat Atau Kelebihan Dari Sistem Daftar Online Ke Klinik

Rupanya, pendaftaran daring yang di terapkan oleh klinik/rumah sakit memiliki manfaat atau kelebihan.

Tak hanya untuk mencegah kerumunan masyarakat yang ingin berobat, sistem ini juga lebih efektif dan efisien.

Manfaat ini tak hanya bisa dirasakan oleh pasien yang ingin berobat tapi juga bagi petugas medis, klinik atau rumah sakit. 

Lantas, apa saja manfaat atau kelebihan mendaftar daring ke klinik ketika ingin berobat? Silakan simak ulasan berikut ini hingga selesai.

1. Mendaftar bisa dilakukan melalui ponsel atau komputer

Kelebihan pertama dari mendaftar daring ke klinik yakni bisa menggunakan ponsel atau komputer.

Pasien tak perlu repot datang ke klinik dan melakukan registrasi yang biasanya pasti sangat antre.

Bukan hanya antre di meja registrasi, masuk ke poli tujuan pun pasti juga antre. Ini berarti pasien akan mengalami antre berlapis sebelum menemui dokter.

Akan hanya daftar daring ke klinik, pasien tak perlu khawatir lagi karena tak perlu mengalami antre panjang seperti ini.

Pasien hanya perlu mendaftar menggunakan website, WhatApp atau aplikasi yang sudah klinik sediakan.

Setelah mendaftar, maka otomatis pasien akan mendapatkan nomor antrean tanpa harus menunggu lama.

2. Daftar online ke klinik lebih menghemat waktu dan tenaga

Mendaftar ke klinik secara daring tentu saja lebih menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya pasien tak perlu repot mendatangi klinik hanya untuk mendaftar.

Belum lagi jika jarak tempat tinggal pasien dan klinik jauh. Hal ini pastinya akan membuang waktu dan tenaga. 

Melakukan pendaftaran dengan cara ini juga bisa pasien lakukan di mana saja dan kapan pun sehingga waktunya lebih fleksibel.

Selain itu, bagi pasien yang tidak memiliki penyakit berat, pendaftaran ini juga bisa mereka lakukan disela kesibukan bekerja. Dengan demikian mereka tetap produktif dan mengisi waktu yang berharga dengan melakukan pekerjaannya.

3. Dapat memantau antrian dari mana saja

Jika mendaftar online menggunakan aplikasi dari klinik, pasien kemungkinan bisa melakukan pemantauan nomor antrean.

Dengan memantau nomor antre, pasien tak perlu buru-buru mendatangi klinik. Ketika nomor antre pasien sudah dekat, barulah mendatangi klinik sehingga pasien tidak menunggu lama sebelum mendapatkan pemeriksaan dokter.

4. Memilih dan menyesuaikan waktu untuk melakukan pemeriksaan

Kelebihan keempat dari daftar online ke klinik adalah pasien bisa memilih dan menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

Maksudnya, sebelum melakukan pendaftaran pasien bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu kondisi antre di klinik tersebut.

Jika pada hari tersebut kuota pemeriksaan sudah penuh atau tidak mendapatkan nomor maka pasien bisa mendaftar untuk esok hari.

Nah, informasi mengenai kuota dan antrean penuh ini bisa tampak secara real time jika pasien melakukan pendaftaran secara daring. 

5. Menghindari kecemburuan dan antrean lebih rapi

Mungkin banyak yang tak menyadari bahwa sering terjadi kecemburuan antar pasien yang sedang mendaftar di meja registrasi.

Bukan tidak mungkin ada pasien yang merasa bahwa dia sudah menunggu lama tapi belum juga mendapatkan nomor.

Sementara ada pasien yang baru datang tapi sudah dipanggil untuk menjalani pemeriksaan. 

Dengan mendaftar secara online, kemungkinan hal seperti ini bisa diminimalisir. Selain itu, akan lebih mudah bagi petugas klinik untuk mengolah data mengingat daftar antre pasien sudah rapi dan sistematis.

Dan tentunya antre yang rapi tersebut  akan membuat pelayanan bagi pasien akan lebih baik.

6. Pendaftaran online tersedia 24 jam

Kelebihan lain dari mendaftar secara daring adalah pendaftaran terbuka selama 24 jam. Mungkin tidak semua klinik menerapkan hal seperti ini.

Namun saat ini, beberapa klinik praktik mandiri telah menyediakan pendaftaran online yang terbuka selama 24 jam dengan menggunakan aplikasi khusus. Tak seperti pendaftaran offline yang menyesuaikan jam kerja. 

Sistem daftar secara daring ke klinik yang tersedia 24 jam ini tentunya memudahkan dan memberi keuntungan bagi pasien.

Pasalnya pasien bisa mendaftar kapan pun hanya dengan mengakses aplikasi klinik melalui ponselnya.

7. Melakukan pembayaran dengan mudah

Oleh karena sistem daftar melalui daring, maka jika ada transaksi pembayaran setelah pemeriksaan, tentunya dilakukan juga secara online.

Pembayaran secara online atau digital tersebut akan lebih praktis bagi pasien dan juga klinik. Hal ini karena semua proses transaksi akan tercatat dan tersimpan otomatis. 

Pencatatan transaksi pembayaran secara otomatis ini akan mencegah terjadinya kesalahan proses perhitungan dan juga human error

Demikianlah ulasan mengenai daftar online ke kliniksemoga informasi ini bisa bermanfaat.

Jika ingin melakukan pemeriksaan ke klinik cobalah menggunakan daftar secara daring, supaya lebih hemat waktu, tenaga serta mencegah antre panjang dan kerumunan massa.