Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telkom Indonesia Dukung Bisnis Kuliner Pecel Lele Makin Cuan

Mengelola bisnis kuliner daerah ternyata merupakan pengalaman yang sangat menantang.

Bagiku, kuliner pecel lele sangat dekat dengan keluargaku karena memang ini bisnis yang digeluti sejak lama.

Berawal dari usaha kecil-kecilan, saat ini bisnis pecel lele yang aku kelola semakin berkembang dan mampu memberikan penghasilan yang lumayan.

Untuk bisa mencapai tahap sekarang ini tidak mudah. Aku melalui berbagai rintangan yang memberikan pengalaman dan memupuk mental bisnis menjadi semakin kuat.

Ini yang mampu mengantarkanku tetap bisa eksis di tengah persaingan usaha yang semakin ketat.

Kuliner Pecel Lele yang Semakin Diminati

Dibanding jenis kuliner lain, pecel lele mampu menarik minat banyak pelanggan. Meski saat ini usaha yang sama terus bermunculan, nyatanya semua mendapat pelanggan dan tetap laris manis.

Satu porsi pecel lele terdiri dari lele goreng berukuran besar, sambal, lalapan, tempe dan tahu goreng serta nasi. Menurut pengamatanku banyak alasan kenapa jenis kuliner ini terus diminati.

  1. Hampir semua orang suka

Hampir tidak ada orang yang tidak suka dengan lele, jenis ikan air tawar satu ini. Rasanya yang gurih dengan daging lembut tebal pasti menggugah selera makan.

Setahuku jenis ikan ini juga sangat jarang menimbulkan alergi. Lele juga jenis makanan yang mempunyai banyak manfaat, seperti untuk perkembangan otak dan jantung.

  1. Enak

Soal rasa, menu satu ini terkenal sangat enak. Begitu kata pelangganku. Mereka yang melakukan repeat order selalu menyampaikan bahwa menu yang dinikmatinya sangat khas dan menggugah selera.

Padahal aku mengolahnya dengan resep yang biasa, warung yang aku kelola hanya menyajikan menu lele goreng saja, tidak menyediakan olahan lele lainnya.

  1. Harga terjangkau

Harga satu porsi pecel lele lengkap dengan lalapan, nasi dan tahu serta tempe goreng sangat terjangkau. Ini menjadi daya tarik bagi pelanggan untuk datang dan kulineran lagi di warung yang aku kelola.

Tidak jarang mereka yang sebelumnya mampir untuk makan, datang sambil mengajak teman atau keluarga. “Wah, promosi gratis nih”, pikirku. 

  1. Pas untuk makan malam

Seporsi pecel lele sangat pas untuk makan malam. Nasi putih hangat ditemani lele goreng yang gurih dan renyah serta sambal dan lalapan bisa membuat suasana makan malam menjadi semakin nikmat.

Apalagi warung yang aku kelola berada di pinggir jalan dan menyediakan tempat makan lesehan di luar. Sambil makan, pelanggan bisa menikmati taburan bintang di langit.

Promosi Digital untuk Melejitkan Kuliner Pecel Lele agar Makin Cuan

Pengalamanku dalam mengelola usaha pecel lele cukup banyak. Aku pernah mengalami jatuh bangun sampai usaha ini bisa menghasilkan cuan.

Berbekal pengalaman jatuh bangun ini justru membuat aku harus berpikir kreatif, bagaimana agar bisnis yang aku kelola tetap bisa bertahap dan memberikan banyak keuntungan. 

Perkembangan usaha pecel lele yang aku kelola tidak terlepas dari digitalisasi dalam bidang pemasaran. Aku sangat beruntung karena mengenal digital marketing yang sangat membantu dalam memasarkan usaha ini.

  1. Penyajian menarik

Langkah pertama yang aku lakukan adalah memperhatikan cara penyajian menu pesanan pelanggan.

Aku selalu menata setiap porsi hidangan yang dipesan dengan menarik, dimana harus meletakkan lele, lalapan, sambal, tahu tempe goreng dan nasi.

Satu yang selalu aku pastikan, tidak akan ada yang tercecer sehingga terlihat lebih bersih dan menarik.

  1. Buat foto berkualitas

Dalam melakukan pemasaran digital, peran foto sangat penting. Aku selalu mengambil foto yang estetik.

Meski menggunakan kamera HP seadanya, dengan teknik dan memperhatikan pencahayaan aku bisa mendapatkan foto yang layak untuk sarana promosi.

  1. Promo menarik

Berikutnya, aku juga melakukan promo yang menarik untuk pelangganku. Untuk promo sendiri menyesuaikan dengan pelanggan, kadang jika mereka membeli dalam jumlah banyak, aku akan berikan potongan harga.

  1. Testimoni pelanggan

Bagiku yang mengelola usaha kuliner, testimoni dari pelanggan sangat penting. Aku sering menghubungi pelanggan untuk menanyakan bagaimana penilaian mereka terhadap menu, cara penyajian, harga dan kebersihan pecel lele di warungku.

Karena menggunakan jaringan internet yang kuat dari IndiHome, komunikasi dengan pelanggan menjadi semakin lancar.

Dari penilaian mereka ini aku bisa mendapatkan banyak masukan, apa saja yang aku harus diperbaiki dan ditingkatkan.

Tidak jarang mereka memuji rasa dan kebersihan pecel lele yang aku sajikan. Kemudian aku akan meminta izin kepada mereka untuk menggunakannya sebagai testimoni. Aku akan mengunggahnya di media sosial sebagai sarana promosi.

  1. Manfaatkan media sosial

Peran media sosial bagi pebisnis seperti aku sangat penting. aku menggunakannya untuk mempromosikan usahaku.

Selain testimoni, aku juga mengunggah foto usaha, baik lokasi maupun menu yang disajikan. Tidak lupa aku juga menyelipkan caption yang menarik. Telkom Indonesia dengan jaringan internet cepat sangat membantu aku dalam melakukan promosi.

  1. Gunakan marketplace

Selanjutnya, aku juga memasarkan bisnisku ini melalui marketplace. Beruntung, saat ini banyak pilihan marketplace yang mendukung pemasaran usaha kuliner.

Untuk bisa mengaksesnya, tentu aku membutuhkan jaringan internet.

Internet provider di area usaha yang aku jalankan sangat mendukung dengan fasilitas layanan cepat, begitu ada gangguan petugas langsung turun memperbaiki.

Aku tidak bisa membayangkan, tanpa adanya jaringan ini bagaimana aku mempromosikan usahaku.

Dukungan Fitur Indihome untuk Bisnis Kuliner 

Perkembangan usaha yang aku jalani tidak akan sampai di tahap sekarang tanpa dukungan banyak pihak.

Salah satunya karena adanya jaringan internet yang cepat dan kuat. Aku lebih mudah menghubungi supplier yang memasok lele, bahan sambal, beras dan keperluan lainnya.

Komunikasi dengan pelanggan pun bisa semakin lancar. Banyak pesanan yang masuk melalui aplikasi marketplace yang aku gunakan. Tanpa internet, mungkin usahaku akan jalan di tempat.

Dengan akses dari Telkom Indonesia, pelanggan yang memesan makanan melalui pesan singkat juga semakin mudah aku layani. 

Kehadiran internet provider terbaik ini benar-benar sangat membantu. Untuk kebutuhan internet, aku menggunakan aplikasi myIndiHome yang memudahkan berbagai urusan dengan jaringan nirkabel.

Di aplikasi ini aku bisa membayar biaya langganan, mengajukan pengaduan jika ada kendala, mengecek poin, pemakaian dan kepentingan lainnya.

Karena menggunakan teknologi Container – Microservice dan Native Apps, jaringan internet ini bisa diakses dengan cepat di Android, iOS dan sistem operasi lainnya. Aku dan keluarga yang membantu mengelola usaha bisa menggunakannya secara bersamaan. 

Layanan internet ini mempunyai kecepatan hingga 300 mbps. Bukan itu saja, aku juga bisa menambahkan fasilitas lain dengan fitur di dalamnya, seperti Minipack IndiHome TV.

Dengan fitur ini aku bisa menambah layanan berbagai tayangan TV. Jadi pelanggan yang menikmati menu di warung pecel lele bisa sambil menyaksikan tontonan yang menarik sehingga lebih betah. 

IndiHome juga menyediakan fitur Speed on Demand. Dengan fitur ini aku bisa meningkatkan kecepatan internet untuk sementara agar aktivitas online berjalan lancar. Selama berlangganan aku mendapat banyak manfaat untuk mengembangkan usaha.