Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Gaya Hidup Minimalis, Dapatkan Hidup Lebih Berkualitas

Gaya hidup minimalis itu seperti apa?

Menurut Break the Twitch, minimalis adalah gaya hidup yang berfokus pada meminimalkan gangguan yang dapat menjaga kita untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting saja.


Gaya hidup minimalis

Yang mana akan berdampak pada kesehatan mental. Anda tidak akan dibebani dengan berbagai pikiran. Sehingga akan lebih mudah melawan risiko seseorang terkena depresi.

Mengenal Gaya Hidup Minimalis

Pada kenyataannya, orang akan tetap bisa menjalani hidup apa adanya. Tidak perlu dikelilingi banyak harta atau barang yang bisa menambah beban pikiran. 

Pasalnya, tidak semua barang yang ada di sekitar Anda dibutuhkan secara terus menerus. 

Konsep seperti inilah yang diangkat dalam gaya hidup minimalis. Anda tidak perlu hidup secara berlebihan dan lebih mementingkan kualitas. 

Anda bisa merasa lebih bahagia dengan benda yang benar-benar Anda butuhkan. 

Ketika Anda merasa cukup hanya dengan memiliki satu atau dua sepatu, maka Anda tidak perlu mengoleksi seratus sepatu. 

Gaya hidup minimalis ini akan membuat Anda merasa lebih lega tanpa beban pikiran yang bisa menghantui setiap hari.

Manfaat Gaya Hidup Minimalis

Orang memiliki sifat dasar materialistis, cenderung memiliki dan membeli barang tertentu tanpa memikirkan kegunaannya lebih dulu. 

Sebenarnya hal ini tidak buruk, tergantung motif apa yang menjadi alasan dibaliknya. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalankan gaya hidup minimalis, antara lain :

Menghemat Energi

Ada lebih banyak energi yang dibutuhkan untuk melakukan perawatan oleh orang dengan gaya hidup banyak materi. 

Salah satu contohnya, orang yang memiliki 35 barang dalam lemari akan lebih lowong dengan orang yang memiliki 100 barang dalam lemari.

Selisih waktu dan energi yang dimiliki bisa digunakan untuk melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat dan produktif. Pastinya akan membutuhkan energi lebih untuk mencuci, menyeterika, menata dan menyimpannya. 

Apabila menggunakan jasa laundry atau asisten rumah tangga, tetap saja membutuhkan daya lebih untuk mengerjakannya.

Pikiran Lebih Fokus

Pikiran Anda akan menjadi lebih sibuk jika hidup dikelilingi banyak barang. Hal inilah yang membuat seseorang menjadi terdistraksi atau sulit fokus. 

Pikiran damai tidak hanya bisa didapatkan melalui meditasi tapi juga bisa dicapai dengan menerapkan gaya hidup minimalis.

Mencegah Depresi

Walaupun tidak bisa dilihat secara langsung korelasinya, gaya hidup minimalis bisa menyelamatkan seseorang dari depresi. Memiliki banyak barang hanya akan membuat Anda menjadi kewalahan atau overwhelmed

Mengurangi Rasa Bersalah

Kondisi kamar yang berantakan dengan terlalu banyak barang akan membuat seseorang merasa bersalah. 

Rasa ini akan muncul karena harusnya bisa merapikan atau membereskan tapi hanya bisa mendiamkannya saja. 

Rasa bersalah merupakan awal emosi negatif yang bisa memicu cemas berlebih hingga depresi jika dibiarkan dalam waktu yang panjang.

Alokasi Waktu Lebih Banyak untuk Hal Positif

Anda bisa membandingkan waktu yang harus dialokasikan untuk merawat empat mobil dengan satu mobil. 

Selain itu, Anda juga harus memikirkan biaya service dan asuransinya. Anda bisa lebih menikmati hidup jika harus merawat satu mobil saja.

Penerapan gaya hidup minimalis sangat cocok ditengah padatnya aktivitas Anda. Berbagai manfaat menjalankan gaya hidup minimalis tersebut perlu Anda pertimbangkan untuk mendapatkan hidup yang lebih berkualitas.