Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Productive Morning Routine, Sudahkah Kamu Melakukannya?

Mungkin anda kerap kali mengalami lemah, lesu, atau malas menjalani hari? Cobalah ingat kembali apa hal yang biasa anda lakukan di pagi hari. Apakah memang Anda kurang melakukan aktivitas yang dapat membangkitkan semangat?



Supaya produktivitas bisa selalu terjaga, penting sekali untuk menerapkan morning routine yang bisa menjadi mood booster supaya produktivitas tetap terjaga. Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan di pagi agar tetap bisa terjaga semangat sepanjang hari? Berikut akan dibahas beberapa rutinitas positif yang bisa dilakukan. versi kabarini.com

Aktivitas Productive Morning Routine Untuk Membangkitkan Semangat

Agar Anda semakin semangat menghadapi pekerjaan atau aktivitas sepanjang hari, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai productive morning routine ;

1. Bangun Lebih Pagi Dan Menanamkan Mindset Positif

Hal pertama yang dapat dilakukan supaya bisa lebih produktif menjalani hari, yaitu bangun lebih pagi. Jika biasanya Anda tidur terlalu malam dan kemudian bangun kesiangan, cobalah untuk tidur lebih cepat. Nyalakan alarm di jam-jam yang lebih pagi dari biasanya Anda bangun.

Singkirkan rasa malas yang hinggap. Tanamkanlah mindset positif agar Anda semakin bersemangat menyambut pagi hari. Dengan terbiasa bangun lebih awal, anda lebih punya banyak kesempatan untuk mengatur jadwal sehari-hari sehingga aktivitas akan lebih terorganisir. 

2. Berolahraga Ringan



Berikutnya, Anda lakukan adalah berolahraga ringan. Mungkin anda pernah mengalami rasa bad mood ketika bangun tidur yang berlanjut sepanjang hari? Untuk mencegah ini terjadi, lakukanlah olahraga ringan. Aktivitas fisik bisa membantu tubuh dalam memproduksi hormon yang membuat perasaan lebih bersemangat dan positif.

Melakukan olahraga yang ringan bisa membantu tubuh semakin segar. Berjalan-jalan atau jogging sambil menikmati kesejukan udara, akan membantu pikiran semakin jernih. Tubuh juga akan semakin sehat. 

3. Meditasi



Meditasi juga bisa menjadi alternatif cara untuk mempersiapkan hari yang lebih produktif. Caranya dilakukan dengan menghentikan sejenak segala hal yang membuat stress dan kemudian terkoneksi dengan diri sendiri. Buatlah perasaan sepositif mungkin ke alam bawah sadar.

Fokus dan pada tarikan nafas beberapa saat dan cari tahu bagaimana kondisi anda sekarang. Apakah merasakan sakit, kecewa, atau cemas akan sesuatu. Berikutnya, cobalah untuk membayangkan hari supaya lebih baik lagi. Teknik ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anda ketika menjalani aktivitas. 

4. Membuat Jurnal Di Pagi Hari




Cara lainnya untuk meningkatkan produktivitas pagi yaitu membuat catatan atau jurnal tentang apa yang akan dilakukan sepanjang hari. Aktivitas yang sudah dijadwalkan tersebut, cobalah untuk menaatinya. Sehingga, tidak ada pekerjaan tertunda atau belum diselesaikan. 

Anda dapat memanfaatkan handphone yang kini dapat digunakan sebagai penulis catatan maupun pengingat. Periksalah apa saja email yang mesti dibalas, serta pekerjaan apa saja yang wajib diselesaikan. Buatlah prioritas dari yang paling penting terlebih dahulu sehingga anda akan bisa menghandle semuanya. 

5. Jangan Lupa Sarapan

Supaya pagi hari Anda semakin produktif, jangan lupa juga untuk sarapan. Tubuh yang bernutrisi dengan baik akan memiliki tenaga yang digunakan untuk bekerja maupun berfikir. Anda juga bisa menikmati minuman favorit seperti secangkir teh atau kopi, untuk semakin meningkatkan mood.

Productive morning routine yang dapat anda lakukan di atas, bisa semakin membuat hari-hari lebih baik. Produktivitas bisa anda dapatkan baik itu dalam hal pekerjaan, bisnis, maupun bidang lainnya. Jangan sepelekan aktivitas pagi hari, karena di situlah salah satu penentu hari akan menyenangkan atau tidak.