Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Gusi Bengkak

mengatasi gusi bengkak


Gusi bengkak bisa sangat mengganggu. Selain terasa sakit, membuat penampilan menjadi aneh. Untuk makan atau minum saja terasa tidak enak. Jika belanjut dapat menyebabkan berbagai penyakit lain karena nutrisi tubuh kurang. Agar dapat mengatasinya, perlu mengetahui bagaimana cara mengobati gusi bengkak

Agar segera sembuh, ketika gusi mengalami pembengkakan tidak harus dengan minum obat. Beberapa cara mengatasi gusi bengkak dengan alami ternyata cukup ampuh. Bahkan dipercaya sedikit mempunyai efek samping. Sehingga banyak yang memilihnya. 

Cara Mudah Mengatasi Gusi yang Bengkak

Gusi bengkak cukup mengganggu kesehatan gigi. Jaringan dan tulang yang menopang gigi bisa menjadi rapuh sehingga mudah tanggal. Jika sampai terjadi, bukan hanya membuat kurang percaya diri, tetapi juga susah untuk mengunyah makanan.  Berikut beberapa cara mengatasi masalah bengkak pada gusi yang mudah dan aman

  1. Manfaatkan air asin

Air garam yang berasa asin merupakan antibiotik alami. Bukan hanya mudah dan murah, namun sangat efektif menghambat perkembangan mikroorganisme pengganggu. Penyebab bengkak pada gusi adalah berkembangnya bakteri. Karena kerusakan beberapa jaringan, selain menjadikan gusi bengkak juga terasa sangat sakit. 

Untuk membuat obat alami ini caranya sangat mudah. Cukup dengan melarutkan satu sendok garam dengan segelas air. Setelah benar-benar larut, gunakan untuk berkumur. Lakukan beberapa kali sampai gusi mengecil dan rasa sakit hilang. 

  1. Teh

Gusi bengkak terjadi karena proses inflamasi. Karena itu, untuk menyembuhkan harus ditenangkan. Kamu dapat menggunakan bahan alami berupa teh celup. Bekas seduhannya dapat secara efektif mengatasi bengkak. 

Setelah teh diseduh, tunggu sampai dingin kemudian tempelkan ke bagian yang bengkak. Kandungan tanin di dalamnya dapat mengatasi inflamasi yang terjadi. Agar lebih efektif, dapat memilih jenis teh yang mengandung jahe dan chamomile. 

  1. Air lemon

Bakteri dan virus akan terhambat perkembangannya jika berada pada kondisi kurang mendukung, seperti terlalu masam. Perasan lemon cukup efektif membuat pH bagian mulut turun sehingga kurang sesuai untuk mikroba pengganggu. 

Caranya dengan memotong lemon menjadi dua bagian kemudian memerasnya. Tambahkan dengan segelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur. Lakukan minimal 3 kali dalam sehari agar hasilnya maksimal. 

  1. Kompres dengan air dingin atau hangat

Iritasi dan inflamasi dapat teratasi cukup dengan menggunakan air saja. Sebelumnya pastikan jenis bengkak yang terjadi. Jika tanpa rasa nyeri dapat memanfaatkan air dingin. Sensasinya akan sangat menenangkan sehingga bengkak yang terjadi segera hilang dan pulih kembali. 

Sebaliknya jika bengkak disertai dengan rasa sakit seperti nyeri, manfaatkan air hangat. Rasa hangat akan menjadikan nyeri hilang secara bertahap. Langkah ini cukup simpel dan terbukti dapat menolong orang yang mengalami pembengkakan gusi. 

  1. Menggunakan bahan herbal

Obat herbal terbukti ampuh dan tidak menyebabkan efek samping sehingga bisa menjadi pilihan terbaik. Bahan obat juga terdapat di berbagai tempat sehingga mudah untuk mendapatkannya. Gusi bengkak akan dapat kembali normal. Cara pemakaiannya tergantung dari jenis herbal tersebut. 

  1. Memakai pasta gigi yang tepat

Pasta gigi mampu membersihkan gigi dan bagian mulut secara sempurna. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, pilih jenis pasta gigi yang mengandung triple fresh formula. Zat ini mampu membunuh bakteri sampai 99%. Kandungan bahan ini terdapat di Closeup Ever Fresh. Selain lebih sehat, Closeup Ever Fresh juga menjadikan rongga mulut sehat dan nafas segar. 

Cara mengatasi gusi bengkak bisa diatasi dengan menggunakan Closeup Ever Fresh, sehingga Anda tidak perlu takut tersiksa rasa sakit atau terganggu aktivitas serta penampilan karena masalah pada gusi. Semua dapat diantisipasi dengan menggunakan pasta gigi terbaik.