Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Mengerjakan Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris

Anak-anak kelas 12 dan kamu yang ingin masuk Perguruan Tinggi Negri tentunya harus mengikuti Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) terlebih dahulu.  Karena UTBK adalah syarat mutlak agar kamu bisa ikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN), maka penting untuk mendapat nilai UTBK yang baik. 



Salah satu mapel yang cukup ditakuti pada saat UTBK adalah mapel Bahasa Inggris. Masih banyak yang merasa kalau bahasa Inggris itu sulit untuk dimengerti. Apalagi dengan terbatasnya waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal-soal ujian Bahasa Inggris. 

Tips Untuk Mengerjakan Soal Reading Bahasa Inggris

Model soal yang sering ditemukan dalam soal ujian bahasa Inggris adalah dalam bentuk reading text. Peserta ujian diminta memahami teks tertulis dalam bahasa Inggris dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks tertulis tadi.

Kesalahan yang sering terjadi biasanya akibat kurang mampunya peserta ujian untuk memahami tata bahasa dalam bahasa Inggris, juga karena kosa kata bahasa Inggris yang dikuasai peserta tidak terlalu banyak.

Tapi jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan tips untuk mengerjakan soal reading pada UTBK bahasa Inggris.

Skim the Text



Skim the text atau menggunakan teknik membaca Skimming berarti membaca sekilas atau membaca cepat dengan tujuan berusaha mendapatkan ide utama (main idea) dari teks yang dibaca. 

Dengan melakukan skimming artinya kamu tidak perlu membaca kata demi kata tapi membaca dengan cerdas dan fokus untuk menemukan ide utama teksnya.

Mark the Important Information

Setelah mendapat ide utama atau garis besar isi teks tersebut, langkah selanjutnya adalah mark the important information yang artinya menandai informasi penting. 

Tandai semua informasi penting yang kamu temukan dalam teks. Saat nanti kamu menemukan pertanyaan yang berkaitan dengan informasi tadi, kamu bisa langsung kembali ke paragraf yang membahas informasi tersebut. Jadi kamu tidak perlu membaca lagi dari awal.

Guess the Unknown Vocab



Guess the unknown vocab berarti menebak arti kata. Saat kamu menemukan kata-kata yang sulit dan kamu tidak paham artinya, tebak saja artinya. Kamu bisa menebak arti kata tersebut dari konteks kalimatnya. Yang penting jangan habiskan waktu terlalu lama untuk memikirkan satu atau dua kata yang kamu tidak mengerti.

Karena itu kalau kamu masih punya waktu untuk menambah dan memperkaya kosa kata bahasa inggris kamu, manfaatkan sebaik-baiknya. Perbanyak membaca buku-buku atau teks berbahasa Inggris. Jangan malas menggunakan kamus untuk mencari arti dari kata-kata yang tidak kamu pahami.

Read the text first? Or the question?

Ada dua pendapat mengenai masalah ini. Ada orang yang lebih suka membaca teksnya terlebih dahulu, baru membaca pertanyaannya. Dan ada juga yang sebaliknya, membaca pertanyaan lebih dahulu baru mencari jawabannya pada teks bacaan.

Untuk menghemat waktu, sebaiknya baca pertanyaan lebih dahulu. Kamu bisa melakukan teknik scanning untuk pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan informasi tertentu. Misalnya pertanyaan tentang tempat, tahun atau nama orang. Scanning adalah teknik membaca cepat untuk mencari informasi tertentu.

Contoh membaca scanning adalah saat kamu membaca undangan. Kamu tidak perlu membaca semua kata dalam undangan, tapi hanya fokus pada tanggal, waktu dan lokasi acara saja.

Skip the Difficult Questions

Skip the difficult questions artinya kerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu dan tinggalkan soal-soal yang sulit. 

Hal ini untuk menghindarkan kamu menghabiskan waktu terlalu lama pada soal-soal yang sulit sehingga akhirnya kamu kehabisan waktu dan tidak berhasil meyelesaikan soal-soal yang mudah.

Setelah mengerjakan soal-soal yang mudah dan ternyata masih ada waktu yang tersisa baru kamu kembali mengerjakan soal-soal yang lebih sulit. 

Jadi kamu bisa memanfaatkan waktu secara efisien dan tidak membuang-buang waktu untuk mengerjakan soal-soal yang sulit.

Limit Your Outside Knowledge

Limit your outside knowledge maksudnya adalah jangan menjawab pertanyaan berdasarkan opini pribadi kamu. Jawablah pertanyaan dengan apa yang tertulis di teks bacaannya.

Terutama bila dalam pertanyaan disebutkan ‘according to the text’. Kalau kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan pendapat atau opini pribadi maka sudah bisa dipastikan kalau jawaban kamu salah.

Selalu gunakan jawanan yang ada dan tertulis di dalam teks bacaannya.

Beberapa Tipe Soal untuk Reading Bahasa Inggris

Tipe Soal yang Menanyakan Hal yang Umum

Ini adalah tipe soal yang menanyakan main idea, topic sentence, purpose, title atau conclusion. Tujuannya untuk melihat apakah peserta ujian memahami tentang ringkasan, gagasan utama, ide pokok, kesimpulan dan inti text-nya.

Tipe Soal yang Menanyakan Informasi Khusus dari Teks

Ini adalah pertanyaan soal yang menanyakan tentang informasi khusus yang ada pada teks bacaannya. Misalnya, kalau teks membahas tentang riset tanaman padi, maka pertanyaannya bisa seputar jenis padi apa yang digunakan untuk riset, atau apa saja hasil risetnya.

Tipe Soal yang Menanyakan Informasi yang Tersirat

Tipe soal ini akan menanyakan informasi yang tersirat dari teks bacaannya. Artinya jawabnya tidak tertulis langsung di dalam teks, tapi kita bisa menyimpulkan jawaban tersebut berdasarkan fakta-fakta yang tertulis dalam teksnya. 

Untuk soal tipe ini biasanya soal akan menggunakan kata-kata sebagai berikut:

“We can guess that...”

“It is implied that...”

“It can be inferred that...”

dan seterusnya

Tipe Soal yang Menanyakan Vocabulary dan Reference

Tipe soal ini biasanya akan menanyakan sinonim, antonim atau makna dari suatu kata. Tapi hati-hati, karena untuk bisa menjawab soal ini kita harus memahami konteks kalimatnya terlebih dahulu. Karena terkadang ada kata-kata yang mempunyai arti berbeda bila digunakan dalam konteks kalimat yang berbeda.

Tips lain untuk menghadapi UTBK Bahasa Inggris

Pelajari grammar dan vocabulary

Penting untuk mempelajari grammar dan vocabulary sebelum tes. Dengan pemahaman tentang grammar yang baik dan banyaknya vocabulary yang kamu kuasai akan mempermudah kamu saat kamu mengikuti tes-nya.

Sering Latihan Mengerjakan Soal-Soal Bahasa Inggris

Ada pepatah yang mengatakan ‘practice makes perfect’. Pepatah itu benar sekali. Dengan kamu sering berlatih mengerjakan soal-soal grammar bahasa Inggris akan membuat kamu cepat menguasai grammar.

Untuk menambah vocabulary, perbanyaklah membaca buku-buku dan teks dalam bahasa Inggris. Jangan lupa gunakan kamus untuk mencari arti kata-kata yang kamu tidak mengerti.

Sering membaca buku atau tulisan berbahasa Inggris juga akan membuat comprehension skill kamu bertambah baik.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari saat kamu akan mengikuti UTBK bahasa Inggris.

Setelah mengetahui informasi ini kamu bisa mulai mempersiapkan diri dengan baik sehingga  kamu tidak akan mendapat kesulitan saat mengikuti UTBK bahasa Inggris. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Tips dan Cara Mengerjakan Soal Reading pada UTBK Bahasa Inggris"