Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunda Wajib Tahu, Tips Membentuk Pola Makan Sehat untuk Balita


Pola makan yang teratur dan sehat sudah harus dibangun sejak dini. Berbagai manfaat juga bisa diperoleh dengan menerapkan pola makan sehat untuk balita. Selain itu, kebiasaan yang dibangun sejak kecil ini juga dapat membantunya mencegah kekurangan gizi, obesitas, maupun gangguan kesehatan lainnya.

Lalu apa saja yang harus dilakukan? Bagaimana cara memulainya? Simak dulu penjelasan berikut ini agar kamu lebih tahu dan paham bagaimana membangun pola makan yang sehat untuk si kecil.

Nutrisi Penting Apa Saja yang Dibutuhkan Balita?

Secara komposisi, kamu harus memenuhi konsep gizi seimbang, berbagai nutrisi yang dibutuhkan di antaranya yaitu:

Karbohidrat

Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi utamanya. Karbohidrat sederhana dapat ditemukan pada makanan manis atau gula. Sedangkan karbohidrat kompleks terdapat di makanan pokok, seperti kentang, nasi, atau pasta.

Protein

Zat pembangun ini berfungsi untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Oleh karenanya, protein sangat penting bagi balita agar proses tumbuh kembangnya maksimal.

Baik protein hewani maupun nabati bisa kamu berikan untuk memenuhi asupan gizi si kecil. Contoh makanan yang mengandung protein hewani yaitu ikan, telur, daging ayam, dan susu. Sementara protein nabati bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian.

Serat

Nutrisi lainnya yang tidak boleh terlewatkan adalah serat. Ini karena serat sangat baik untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan, mengontrol berat badan serta kadar gula darah. Serat banyak dijumpai pada sayur dan buah. Jadi, biasakan anak-anak makan buah dan sayur setiap hari, ya.

Lemak

Tidak kalah penting dari nutrisi lainnya, lemak juga dapat membantu penyerapan vitamin, sebagai sumber energi dan mengatur suhu tubuh.

Seperti karbohidrat dan protein, lemak juga terbagi dalam dua jenis, yakni lemak baik dan jahat. Tapi ingat, yang diperlukan si kecil adalah lemak baik yang terkandung dalam beberapa makanan, seperti tuna, alpukat dan kacang-kacangan.

Tips Memulai Pola Makan Sehat untuk Balita


Kamu ingin tahu bagaimana cara memulai pola makan sehat untuk balita yang bisa diterapkan oleh orang tua? Berikut ini trik-triknya:

Terapkan Pola Makan Teratur

Tidak hanya jenis nutrisi dalam makanan, balita juga perlu waktu makan yang teratur. Biasakan anak makan teratur sesuai jadwal. Misalnya, sarapan pukul 06.00-07.00, makan siang pukul 12.00-13.00, dan makan malam pukul 18.00-19.00.

Usahakan jangan melewatkan jadwal makan tersebut agar pola makan teratur bisa terbentuk sejak dini.

Beri Dua Kali Camilan

Selain tiga kali makanan utama, anak juga perlu camilan sebanyak dua kali. Porsi kudapan ini tentu tidak lebih banyak dari makanan utama. Jangan sampai ia merasa kenyang lebih dahulu karena lambungnya terlalu penuh, sehingga tidak ingin makan makanan utama lagi.

Beri Beberapa Pantangan

Agar nutrisi anak bisa tercukupi dengan baik, sebaiknya kamu berikan beberapa pantangan untuknya. Makanan maupun minuman yang memiliki kandungan lemak jahat, tinggi gula dan garam sebaiknya dibatasi. Berikan makanan-makanan ini hanya pada saat perayaan khusus, contohnya ketika pesta ulang tahun.

Pola makan sehat dan teratur ini memang harus dibiasakan sejak kecil. Agar mereka lebih mudah menerapkan kebiasaan baik kini hingga dewasa nanti.

Nah, untuk mendapatkan nutrisi yang diperlukan untuk membentuk pola makan sehat, kamu bisa mendapatkan berbagai bahan makanan tersebut di Healthy Choice ya.