Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Kuliah? Simak 6 Cara Daftar PTN 2021 Berikut!

 


Kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) menjadi impian banyak lulusan SMA. Selain karena biaya yang disebut lebih terjangkau, kualitas dan gengsi merupakan alasan tambahan. Sebagai lulusan SMA harus tahu cara daftar PTN 2021 ini karena mekanismenya sering berubah.

PTN sendiri sebenarnya dibagi menjadi beberapa jenis. Ada kampus yang menghasilkan lulusan sarjana strata 1, vokasi alias diploma atau politeknik, dan perguruan tinggi kedinasan.

6 Cara Daftar Perguruan Tinggi Negeri 2021

Setiap PTN dan kampus yang telah disebutkan di atas mempunyai cara masuk yang berbeda. Baik dari segi waktu maupun seleksi yang digunakan.

Agar tidak ketinggalan, di bawah ini cara daftar PTN 2021 yang harus Anda ketahui!

1. Daftar PTN Jalur SNMPTN

SNMPTN merupakan singkatan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. 

Penyelenggara SNMPTN sudah beberapa tahun ini dikelola satu lembaga, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Untuk mengetahui berbagai informasi terbaru dari LTMPT, Anda dapat sering membuka akun Instagram @ltmptofficial atau website www.ltmpt.ac.id.

SNMPTN sering disebut juga cara daftar PTN 2021 tanpa tes. Ini dikarenakan, peserta yang mendaftar hanya diseleksi berdasarkan nilai rapor saja. Setiap sekolah dapat menunjuk siswa yang eligible untuk mendaftar dengan cara ini. 

Siswa eligible adalah peserta didik yang memenuhi syarat administratif dan prestasi. Nilai yang dimasukkan dalam seleksi adalah rapor semester 1 sampai 5. Khusus untuk pendaftar jurusan seni dan olahraga harus memasukkan portofolio berupa prestasi, karya, atau lainnya.

Di antara seleksi PTN lainnya, SNMPTN pertama dibuka.

Beberapa tahun terakhir pendaftaran dimulai dengan membuat akun LTMPT. Ini sudah dimulai sejak bulan Januari 2021. Pendaftaran seleksi juga sudah ditutup 24 Februari 2021. Pengumuman hasil seleksi 22 Maret 2021.

2. Daftar PTN Jalur SBMPTN

Terlewat ikut seleksi SNMPTN atau gagal atau tidak termasuk siswa eligible?

Jangan khawatir! Ada satu lagi cara daftar PTN 2021 yang bisa dilakukan.



Namanya Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Agar diterima di PTN lewat jalur ini, Anda harus mengikuti ujian yanh disebut Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).

Siapa saja yang dapat mengikuti seleksi? Semua siswa lulusan SMA sederajat tahun ajaran 2020-2021 sampai tiga tahun sebelumnya. 

Sama dengan SNMPTN, Anda harus membuat akun LTMPT dulu untuk bisa mengikuti UTBK.

Yuk, segera diakses website www.ltmpt.ac.id! Pembuatan akun LTMPT sudah dibuka sejak Februari 2021 dan akan ditutup 15 Maret 2021.

Setelah itu, akan ada pengumuman pendaftaran UTBK yang akan dilaksanakan dua kali, jadwal ujian, dan pendaftaran SBMPTN berdasarkan nilai yang diperoleh.

Siswa yang tidak lulus SNMPTN dapat mengikuti UTBK dan SBMPTN tanpa harus membuat akun baru.

3. Ujian Mandiri (UM)

Jika SNMPTN dan SBMPTN diselenggarakan satu lembaga nasional, Ujian Mandiri ditentukan oleh masing-masing PTN. 

Anda yang ingin mencoba jalur masuk PTN dengan cara ini harus sudah bersiap-siap setelah UTBK. Pantau saja terus laman masing-masing PTN atau rajin update berita online pendidikan.

Setiap PTN memiliki nama sendiri untuk Ujian Mandiri. Ada Seleksi Masuk UB untuk Universitas Brawijaya, Simak UI untuk Universitas Indonesia, UTUL UGM, dan lain-lain.

Sebagian besar PTN yang menggunakan jalur ini akan meminta biaya sedikit berbeda daripada Anda yang masuk lewat jalur reguler (SNMPTN dan SBMPTN).

4. PMDK PN

PMDK yang merupakan singkatan lain dari Penelusuran Minat dan Kemampuan merupakan salah satu cara daftar PTN 2021.

Ini termasuk cara masuk PTN tanpa seleksi. Anda hanya perlu menyiapkan nilai rapor semester 1 hingga 5.

Bedanya, PMDK diperuntukkan untuk siswa yang berminat masuk Politeknik Negeri atau jurusan Vokasi (D3 dan D4) di PTN. 

Politeknik Negeri Jakarta, Vokasi UI dan IPB biasanya menerima siswa ini. 

Pastikan Anda rajin mengakses laman kampus-kampus PN dan PTN dengan Vokasi agar tahu waktu dimulainya pendaftaran. Anda dapat juga bertanya kepada guru-guru di sekolah mengenai hal ini. 

Agar lebih mudah lagi, sekarang pendaftaran bisa dari satu pintu, yaitu laman pmdk.politeknik.or.id.

Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, waktu pendaftaran berdekatan dengan SNMPTN dan SBMPTN.

5. Seleksi Kedinasan

Seleksi kedinasan diperuntukkan bagi lulusan SMA sederajat yang ingin masuk PT yang bekerja sama dengan pemerintah atau kementerian. 

Contohnya, Politeknik Keuangan Negara (STAN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistisk (STIS), Institut Pendidikan Dalam Negeri, Akademi Imigrasi, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

Daya tarik sekolah ini adalah langsung disalurkan bekerja di instansi pemerintah. Beberapa di antaranya ada akses pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS). 

Selain itu, sekolah yang sebagian besar menerapkan semi militer ini ada yang memberikan beasiswa ikatan dinas. Anda dapat belajar tanpa membayar biaya kuliah.

Waktu dan syarat pendaftaran dapat Anda akses di sscasn.bkn.go.id.

6. Ujian Masuk PN dan Vokasi

Tentu saja selain menerima peserta melalui jalur PMDK, PN dan Vokasi PTN juga menerima mahasiswa lewat ujian seleksi. Namanya ujian masuk PN.

Biasanya ujian dilaksanakan setelah UTBK dan sebelum pengumuman SBMPTN.

Anda dapat bersiap-siap di tahun 2021 dengan sering membuka politeknik.or.id.

Yes, itulah 6 cara daftar PTN 2021! Anda berminat masuk yang mana? Pastikan sudah bersiap dari sekarang, ya! Semoga sukses!


2 komentar untuk "Ingin Kuliah? Simak 6 Cara Daftar PTN 2021 Berikut!"

  1. sekarang bisa banyak jalur ya, beda jaman aku dulu

    BalasHapus
  2. Bener mbak. Zaman aku dulu cuma tahu SNMPTN dan SBMPTN aja..hihi

    BalasHapus