Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Jenis Aglonema Ini Cocok Untuk Dekorasi Ruangan. Coraknya Bikin Meleleh!


Sejak pandemik muncul hingga saat ini, nampaknya telah muncul sebuah aktivitas baru, yakni memelihara tanaman hias. 

Sejak saat itu pula, berbagai tanaman hias yang dulunya tidak terlalu dikenal, namanya langsung muncul ke permukaan. Bahkan dari segi harga, yang dulu hanya beberapa ratus ribu saja, kini harganya bisa melonjak tinggi dan jadi tanaman paling dicari.

Tentu saat ini banyak yang tidak asing lagi dengan tanaman Janda Bolong. Tanaman ini akhir-akhir ini menjadi viral di berbagai media lantaran harganya yang tidak main-main untuk sebuah tanaman.

Dulu, tanaman ini harganya tidak pernah mencapai jutaan, sekarang bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Janda Bolong memang dikenal sebagai tipe tanaman yang cantik karena bentuk daunnya yang unik. Bolong-bolong dan cocok sekali digunakan sebagai tanaman untuk dekorasi ruangan. 

Namun, tahukah Anda kalau ternyata banyak tanaman hias lainnya yang cocok juga untuk penghias ruangan? Salah satunya adalah jenis Aglonema. 

Tanaman inipun sedang viral saat ini karena berbagai jenisnya yang cantik dan mempesona. Tentu saja ditambah dengan harganya yang tidak murah. Aglonema memang memiliki berbagai jenis yang coraknya berhasil bikin hati meleleh, apa saja jenisnya? 

Jenis-Jenis Algonema untuk Dekorasi Ruangan


Dikenal dengan nama Sri Rezeki dan Chinese Evergreen, Aglonema pun mendapat julukan sebagai "Ratu tanaman Hias."

Cukup pantas menyandang Ratu tanaman. Selain tampilannya menarik, Aglonema juga mudah dirawat. Maka, pantaslah menjadi primadona abad ini. 

Nah, karena di pasaran jenis tanaman ini dijual laris manis. Maka dalam artikel ini akan menyajikan inspirasi dekorasi ruangan dengan tanaman Aglonema.

Tetapi sebelum itu, Anda harus tahu, jenis Aglonema apa aja sih yang cantik untuk dekorasi ruangan?Simak, ya!


1. Aglonema Cinta


Jenis Aglonema yang pertama adalah Aglonema Cinta. Jenis ini adalah yang paling banyak diminati karena keindahan bentuknya. Daunnya memiliki bentuk yang unik, sekilas menyerupai hati karena melengkung di bagian kedua pangkal daunnya. 



Oleh sebab itu, dinamakan Aglonema Cinta. Corak daunnya yang indah membuat tanaman ini bisa juga disimpan di dalam ruangan. Untuk merawatnya pun mudah sekali, hanya menyiramnya secara rutin pagi dan sore hari.


2. Aglonema Claudia


Aglonema selanjutnya berasal dari Thailand. Ciri khas tanaman hias yang satu ini adalah daunnya yang berwarna hijau pucat dengan tulang daun bercorak pink segar. 



Coraknya yang khas membuatnya terlihat unik diantara Aglonema yang lain. Karena keunikannya bibit Aglonema yang satu ini relative mahal, lho.


3. Aglonema Red Ruby


Sesuai dengan namanya, jenis Aglonema yang satu ini memiliki daun dengan gradasi warna dominan merah. Coraknya yang hijau jadi terlihat kontras dan seakan tersembunyi. 



Keunikannya inilah yang menambah daya tarik keindahan warna daunnya. Seperti halnya Aglonema yang lain, jenis ini termasuk banyak peminatnya. Unik dan cantik. Selain itu, perawatannya pun terbilang mudah dan termasuk Aglonema yang berumur panjang.


4. Aglonema Lipstik




Julukan Aglonema ini sedikit unik, yaitu Aglonema lipstik. Dijuluki demikian karena mempunyai ciri khas yakni warna merah tegas pada tepian daunnya. Jika diamati, Aglonema ini sekilas bentuk daunnya mirip dengan bibir yang menggunakan lipstik. Dari segi harga, Aglonema yang memiliki nama lain Aurora ini relatif murah dibandingkan Aglonema yang lain.


5. Aglonema Tiara




Jenis Aglonema lain yang cocok untuk dijadikan penghias ruangan adalah Aglonema Tiara. 

Dinamakan demikian karena kumpulan daunnya akan menyerupai tiara atau mahkota jika dilihat dari atas. Ciri khasnya adalah pada bagian tulang daun berwarna merah muda. Demikian juga bercak di sekitarnya. Warna hijaunya pun bergradasi yaitu hijau kekuningan, hijau muda dan tua.


6.  Aglonema Pride of Sumatra




Jenis yang satu ini memang berasal dari Sumatra. Coraknya pun terlihat unim dari Aglonema yang lain. Bentuk daunnya cenderung rapi memanjang dengan warna tulang daunnya yang tegas berwarna putih dan merah muda.


7. Aglonema  Bidadari




Jenis  dari Aglonema yang terakhir sebagai rekomendasi penghias ruangan adalah Aglonema Bidadari. Jenis ini pun peminatnya cukup ramai. Corak daunnya terlihat unik dengan perpaduan warna kuning, hijau dan merah muda yang terlihat serasi. Sedangkan motif bercak daunnya begitu rapi pada bagian tepi hingga nampak cantik dan segar.

Cara Merawat Tanaman Aglonema

Setelah tahu beberapa jenis Aglonema, jika Anda tertarik untuk menanam di rumah. Maka Anda harus tahu bagaimana merawat tanaman tersebut agar tetap subur dan sehat.

Nah, berikut 6 cara merawat tanaman Aglonema supaya bisa tumbuh sesuai keinginan Anda. 

1. Gunakan Tanah Organik


Tanah organik sangat cocok untuk Aglonema. Alasannya tanah organik bersama dari kulit organisme yang telah mati atau merupakan hasil pelapukan dan sisa-sisa tanaman sehingga tanah cenderung subur. Biasanya orang Indonesia lebih menyebutnya sebagai tanah gambut. 

Untuk ciri-ciri tanah organik sendiri, seperti bertekstur lunak, warna tua, mudah berubah bentuk saat penekanan, dan memiliki plastisitas rendah. Sangat disarankan untuk berbagai jenis Aglonema

2. Hindari Menyiram Terlalu Sering


Sejenis Aglonema merupakan tanaman hias yang cepat tumbuh. Sehingga tidak terlalu banyak membutuhkan air. 

Lakukan teknik penyiraman setiap 2 sampai 3 kali dalam sepekan saja. 

3.Jauhkan Paparan Sinar Matahari Langsung


Aglonema merupakan tanaman hias yang tidak suka tumbuh di dalam suhu udara di bawah 16 derajat Celcius. Jadi usahakan paparan sinar matahari secara langsung sangat dihindari. 

Agar Aglonema tetap nyaman dan tumbuh dengan kelembapan udara yang baik sekalipun ada di dalam ruangan.


4. Pemupukan


Pemupukan juga tak kalah penting untuk tanaman Aglonema ini. Usahakan lakukan pemupukan setiap 2 Minggu secara rutin. Anda bisa menggunakan pupuk sejenis NPK, Gabdasil D, Vitabloom, Hyponex, dll 

Kesimpulan 


Di antara jenis Aglonema di atas, Anda tertarik untuk mengoleksi yang mana?

Sama-sama terlihat cantik dan unik, Anda harus siap-siap merogoh kocek untuk memilikinya. Sebab tanaman Aglonema rata-rata berharga ratusan ribu. Namun, mahal harganya tentu sebanding dengan kecantikannya. Mata pun tidak lelah dan jemu saat memandangnya.